Rabu, 04 Mei 2011

ANGKA KETERLAMBATAN PELAYANAN PERTAMA GAWAT DARURAT (AKPPGD)

Pengertian
  1. Angka Keterlambatan  Pelayanan  Pertama Gawat Darurat (AKPPGD) adalah Indikator pelayanan non bedah  untuk menghitung banyaknya keterlambatan  pelayanan  pertama gawat darurat, dan angka ini menunjukkan tinggi rendahnya mutu pelayanan Gawat Darurat.
  2. Pelayanan  Pertama Gawat Darurat dikatakan terlambat apabila pelayanan terhadap penderita gawat dan atau darurat yang dilayani dengan tindakan Live Saving oleh petugas gawat darurat lebih dari 15 menit.
  3. Tindakan darurat (Live Saving) adalah tindakan yang ditujukan untuk menyelamatkan jiwa manusia yang sedang terancam karena penyakit atau luka-luka yang dideritanya .
  4. Petugas gawat darurat adalah petugas yang bekerja di ruang gawat darurat yang telah terlatih PPGD.
Prosedure
  1. Perawat/Petugas gawat darurat mencatat setiap hari jumlah penderita gawat darurat yang dilayani 15 menit dan jumlah seluruh pasien gawat darurat.
  2. Perawat/Petugas gawat darurat melaporkan data yang sudah terkumpul setiap bulan kepada Kepala Instalasi Gawat Darurat 
  3. Kepala Instalasi Gawat Darurat  bersama dengan Tim penilai (GKM) menganalisis dan mengevaluasi secara berkala 3 (tiga) bulan  sekali secara terus menerus
  4. Hasil analisis dan evaluasi dilaporkan ke Karumkit mengetahui Komite Medik, selanjutnya  ditindaklanjuti.
  5. Formula Angka Keterlambatan  Pelayanan  Pertama Gawat Darurat (AKPPGD) dari Juklak Indikator mutu pelayanan rumah sakit ( WHO-Dirjen Yan Medik Depkes 2001)  adalah :


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes